Format Penulisan Laporan Praktikum

Pada artikel milikku kali ini, aku akan memberitahukan kepada pembaca, yaitu format penulisan laporan suatu kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan. Aku meng-copypaste-kan dari salah satu temanku. saonone



Berikut inilah format penulisannya :
  1. Jenis Praktikum. Berisi tentang jenis/judul praktikum yang akan dilaksanakan.

  2. Tujuan Praktikum. Berisi tentang tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan praktikum.

  3. Dasar Teori. Berisi tentang teori-teori, konsep-konsep, persamaan maupun grafik dan model gambar atau alat yang bergubungan dengan materi praktikum. Dasar teori diambilkan dari buku paket (buku pegangan) yang relevan.

  4. Alat dan Bahan. Berisi alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan praktikum.

  5. Langkah Kerja. Berisi langkah-langkah kerja yang sestematis dalam melaksanakan praktikum.

  6. Data Pengamatan/ Percobaan. Berisi data hasil pengamatan/pengukuran terhadap besaran-besaran yang diinginkan. Data pengamatan dapat disajikan dalam bentuk tabel atau grafik.

  7. Analisis Data dan Pembahasan. Berisi perhitungan data pengamatan/percobaan untuk menentukan nilai suatu besaran yang diinginkan desertai kesalahan percobaan secara kuantitatif. Pembahasan menyajikan komentar tentang data pengamatan/percobaan yang diperoleh seta kemungkinan penyebab terjadinya kesalahan yang terdapat dalam data pengamatan. Perhitungan menggunakan terori kesalahan.

  8. Kesimpulan dan Saran. Berisi tentang hasil akhir dari perhitungan analisis data yang isinya disesuaikan dengan tujuan praktikum. Saran berupa langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperkecil kesalahan/penyimpangan dalam melakukan praktikum agar diperoleh data pengamatan dan hasil percobaan yang lebih baik.

  9. Pustaka atau Sumber. Berisi daftar buku yang digunakan sebagai rujukan. 

Sebagai bahan rujukan atau contoh, aku juga menyertakan laporan praktikum yang sudah jadi. Bisa di download disini
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Format Penulisan Laporan Praktikum"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2015 Catatan Harian - All Rights Reserved